MAN 3 Menjadi Hi-Tech Biar Tidak Gaptech

07.42 Posted In Edit This 0 Comments »

Apa maksud judulnya ya? Maksudnya ialah MAN 3 Malang, sekolah berlokasi di Jl. Bandung No. 07 bakal terus meningkatkan fasilitasnya dengan mengikuti perkembangan teknologi agar murid dan gurunya tidak gaptech alias gaptek. Kedengarannya hal itu masih membuat sejuta pertanyaan (hiperbolis) tentang teknologi yang bagaimana yang ditingkatkan MAN 3 Malang. Jawabannya adalah tentu saja fasilitas yang berteknolgi agar menunjang kesuksesan PBM di sekolah.

MAN 3 Malang peduli sekali dengan kesejahteraan pendidikan umat, sehingga hal ini mengakibatkan banyaknya evolusi yang dialami MAN 3 (begitu kata Charles Darwin). Dulunya, MAN 3 adalah sekolah biasa saja, tetapi setelah menjuarai sekian LLSS (Lomba Lingkungan Sekolah Sehat), MAN 3 terus menjaga dan mengembangkan fasilitas-fasilitas belajar-mengajar. Hal ini dibuktikan dengan kemajuan di bidang ICT-nya. Nah lho, apa itu ICT? ICT = WTC gak? ICT atau Information and Communication Technology sama dengan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), bukan ICT = WTC. Kemajuan ICT yang dimiliki MAN 3 antara lain adalah free-hotspot dan LCD ( dan Screen-nya tentu).


Free-Hotspot. Wah…kedengarannya menyenangkan. Apalagi buat yang hobi surfing di internet. Bisa berjam-jam dihabiskan bahkan dibela-belain sampai tidak tidur semalaman. Saya pernah dapat cerita dari anak asrama, katanya kalau liburan bisa dari malam sampai subuh buat browsing. Anak asrama di MAN 3 Malang memang makmur, karena mereka bisa menikmati hotspot 24 jam. Akan tetapi, bagi kalian non-siswa MAN 3 Malang boleh ikutan nikmati hotspot dengan membawa Laptop selama gerbang MAN 3 terbuka. Kalau tidak salah sumber hospot di sekolah ini ada di Puskom, ruang guru, dan Green House. Jadi, para pengguna dapat dengan nyaman mengelilingi dunia maya. Datang dengan Laptop, duduk di serambi, dan surfing.

Manfaat hotspot ini dirasakan betul oleh warga MAN 3 karena segala informasi, tugas, atau apapun dapat kita selesaikan dengan cepat dan mudah. Saya sendiri, pernah surfing di tengah presentasi. Soalnya pertanyaan yang diajukan teman-teman saat itu ada yang tidak kami tahu. Jadi tinggal tanya ke Pak Gugel (baca=Google) deh. Poin kedua, anak asrama bisa terus keep in touch dengan keluarganya, ataupun teman dan kerabatnya yang berada nun jauh di sana. Sehingga mereka dapat melepas rindu dan menahan isak tangisnya karena rindunya telah terhapus dengan YM-an, kirim e-mail, FS-an, Face Book-an, Blog-an, apa-an lagi ya.

LCD adalah fasilitas yang kini masih dimonopoli oleh blok kelas tiga. Akan tetapi,fasilitas ini juga tersebar di berbagai pelosok MAN 3. Kita dapat menjumpainya di Labkom, ruang Mulok, ruang Multimedia, Perpustakaan, ruang Guru, Aula, Mini-Hall. Akan tetapi ruang OSIS-nya belum ada, keren kali ya rapat pakai LCD. Dengan LCD memudahkan siswa dalam melakukan presentasi. Apalagi kalau free kita bisa minta tolong bapak/ibu guru buat diizinin nonton. Tapi jarang kok, cuma kalau memang pikiran sudah penat sekali, kita sebagai siswa yang mengedepankan masa depan baru berani minta nonton ke bapak/ibu guru. Hehehehe. Selain itu, bapak/ibu guru juga memanfaatkan LCD saat rapat, seminar, ataupun menjamu saat kedatangan tamu dari instansi lain. LCD juga dirasakan manfaatnya dalam sukses terselenggaranya kegiatan Ekskul MAN 3 Malang. Semoga MAN 3 meningkatkan ICT-nya, mungkin dengan membagi-bagikan Laptop ke murid-murid agar kita tidak selalu menggendong tas dengan terisi buku. Kapan ya bisa begitu? Berdoa saja..


More completely…

0 komentar: